Jokowi Beberkan Penyebab Anjloknya Ekspor RI


Foto: Muhammad Iqbal
Melambatnya perekonomian dunia membuat sejumlah negara tujuan ekspor Indonesia ikut terkena dampaknya. Nilai ekspor pun melorot drastis seperti dari China, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa yang selama ini jadi pasar tradisional Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, anjloknya ekspor Indonesia tak lepas dari kurangnya upaya membuka pasar-pasar baru di negara potensial, lantaran terlalu nyaman menggarap pasar negara tujuan utama atau tradisional.

“Saya ingatkan ke semua menteri, meskipun permintaan perdagangan untuk ekspor baru menurun, tapi masih banyak negara yang bisa dijadikan tujuan utama bagi ekspor kita, yang berpuluh tahun tidak kita lirik. Terutama negara yang memiliki penduduk lebih dari 70-80 juta,” kata Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di JCC, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Jokowi mencontohkan, Indonesia selama ini tak serius mencari pasar produk ekspor ke negara-negara berpenduduk cukup besar seperti Srilanka, Aljazair, Nigeria, dan Bangladesh.

“Itu enggak pernah kita seriusi, masih banyak lagi. Karena kita selalu masuk ke pasar tradisional kita baik Eropa, AS, Tiongkok. Terus itu-itu saja. Padahal semakin banyak negara tujuan pasar yang bisa kita buka, berarti kita tidak menempatkan telur dalam keranjang tertentu saja. Makin banyak negara kita garap, akan semakin aman ekonomi kita,” kata Jokowi.
(Reporting detik.com dna/dna)

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon