Soal UN Dihapus, Wapres JK: Akan Dibicarakan di Rapat Kabinet


Foto: Agung Pambudhy
Wakil Presiden Jusuf kalla menegaskan rencana penghapusan Ujian Nasional *UN) akan dibahas dalam rapat kabinet. Belum ada keputusan final soal rencana yang disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy.

“Nanti akan dibicarakan di kabinet,” kata JK menjawab pertanyaan wartawan usai menghadiri penutupan Kongres XVII Muslimat NU di Gedung Serba Guna Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (26/11/2016).

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan rencana penghapusan UN tersebut masih dalam proses. “Memang dari Menteri Pendidikan menyampaikan itu, tapi tentu saja harus ada rapat terbatas dulu yang nantinya akan kita putuskan,” ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (25/11).


Sedangkan Muhadjir menyebut rencana yang akan diawali dengan moratorium UN pada tahun 2017, tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres).


Ujian akhir bagi siswa sekolah didesentralisasi. Pelaksanaan ujian akhir bagi siswa SMA-SMK dan sederajatnya diserahkan ke pemerintah provinsi. Untuk level SMP dan SD sederajatnya diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

“Amar perintah Undang-Undang tidak ada Ujian Nasional, yang ada itu evaluasinya nasional,” ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.
(Reporting detik.com fdn/idh)

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon