Kemenhub: Serangan Sinar Laser Ganggu Penerbangan


Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan beerbahayanya sinar laser yang sengaja disorot ke atas. Sinar laser dapat membahayakan penerbangan pesawat.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso menyebut ada 7 laporan pilot terkait penyalahgunaan laser (lasser attack) di Makassar, Sulsel. Serangan sinar laser terjadi pada sekitar pukul 18.00 WIB-21.00 WIB, Selasa (4/7).

“Gangguan ini sangat mengganggu konsentrasi pilot ketika hendak melakukan pendaratan pesawat jika sinar laser tersebut diarahkan ke cockpit pesawat. Bahkan dapat membuat temporary blind pada mata pilot jika sinar laser tersebut mengenai mata pilot,” ujar Agus Santoso dalam keterangan tertulis, Rabu (5/7/2017).

Kemenhub mengingatkan agar warga Makassar ikut membantu menjaga keselamatan penerbangan. Makassar sambung Agus meripakan hub airport untuk tujuan timur Indonesia.

“Mari kita sama-sama menjaga keselamatan penerbangan di Kota Makassar ini untuk kebaikan kita semua,” sambungnya.

Penyalahgunaan sinar alser apda Ramadan dan Lebaran disebut Agus meningkat jika dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Dalam 3 bulan, ada 15 kali serangan sinar laser. (fdn/fdn)



detikNews.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon