Taufiq Ismail Buka Perpustakaan Komunitas Muslim Indonesia di Amerika Serikat



Jakarta – Perpustakaan komunitas muslim Indonesia di Amerika Serikat (AS) di Indonesian Muslim Association in America (IMAAM) Center dibuka. Budayawan Taufiq Ismail pun turut membuka simbolis perpustakaan ini.

Peresmian itu dilakukan pada Sabtu, 8 Juli 2017 lalu, demikian rilis yang disampaikan Minister Counselor Media & Sociocultural Affairs KBRI Washington DC Siuaji Raja pada Rabu (12/7/2017) ini.

Budayawan Taufiq Ismail dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC Prog Dr Ismunandar menggunting pita merah bersama untuk meresmikan perpustakaan itu. Saat dibuka, sudah ada 1.000 buku yang mayoritas sumbangan dari pengusaha bersaudara Boy dan Erick Thohir.

Adanya perpustakaan merupakan suatu upaya kecil para pengurus Masjid untuk memperkuat SDM Diaspora Indonesia menuju capaian misi IMAAM Center sebagai suatu wahana muslim Indonesia Amerika yang terintegrasi, pusat pengayaan spritual dan keterlibatannya dalam dakwah  dan kegiatan komunitas serta sebagai wahana yang menjaga kesetaraan dalam membina hubungan yang bersifat horisontal dan vertikal.

Patut dicatat bahwa sebelumnya, IMAAM Center secara berkala dua minggu sekali sudah pula melakukan bedah buku; suatu kegiatan yang mendapat pujian banyak orang.

Selain kegiatan keagamaan, yang jelas ada program lain yang patut diapresiasi yang dilaksanakan oleh IMAAM Center berdasarkan nilai-nilai kesederhanaan, toleransi, kesamaan dan cinta kasih, yang diwujudkan misalnya pada acara gotong royong sekitar masjid, membantu kaum miskin dan melaksanakan kegiatan interfaith dialogue dnegan mengundang umat agama Samawi lainnya.

Pasca peresmian perpustakaan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab bersama Taufiq (yang kini berumur 82 tahun). Selain bercerita tentang perjalanan hidupnya yang berlika liku dan menarik, para undangan mencatat bahwa salah satu program yang dirintis Taufiq adalah SBSB (Sastrawan Berkata Siswa Bertanya) yang awalnya dibantu oleh Ford Foundation AS dan kemudian dilanjutkan oleh Kemendikbud RI. Selain itu, Taufiq juga banyak berbuat agar rakyat Indonesia suka membaca dan Indonesia menjadikan masyarakatnya sebagai pencinta buku, yang diistilahkannya sebagai adiksi buku (addicted to books).

IMAAM Center sendiri adalah pusat kegiatan komunitas muslim Indonesia, termasuk masjid di dalamnya, berdiri di atas tanah 1,15 hektar, di mana sebelum dibeli merupakan bangunan gereja. IMAAM Center ini diresmikan oleh Presiden RI pada 3 tahun lalu. (nwk/try)


detikNews.com

Newest
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon