Apa yang Membuat Sebuah Mobil ‘Sexy’?


Jakarta – Ada alasan bagi banyak orang menggunakan kata “sexy” untuk mendeskripsikan mobil favorit mereka. “Itu karena banyak sekali bagian dari mobil itu secara fakta memang sexy,” kata Stevan Edson, seorang fotografer seni dari New York, kepada CNN belum lama ini.

Anda bisa berpikir jika mobil adalah termasuk perhiasan. Ekor dari Cadillac 1959 Series 62, sepadan jika disebut sebuah perhiasan.

“Ekor dari Cadillac 1959 adalah sesuatu yang sangat cantik dan ikonik, membuat manufaktur memasuki babak baru di dunia seni murni. Ekor itu membuat Cadillac ibarat memakai anting di jalanan,” kata Stevan.

Sebagian orang mengatakan mobil itu sebagai “King Fin Caddy” karena mewakili hubungan cinta di Detroit dengan desain tersebut, yang dikenalkan oleh desainer legendaris GM Motor Harley Earl.



Penampakan dan perasaan dari sirip ekor ganda yang dibungkus oleh khrom, seakan mewakili budaya 1950-an. Jika anda mencoba ‘mendengar’ saat melihat ekor Cadillac, Anda akan mendengar musik doo-wop (jenis musik pop yang popular di 1950 di AS0 dari AM radio yang ada di kursi depan.

Tidak perlu terlalu jauh melihat jeroan dari Cadillac ini, karena kecantikannya membuat orang percaya diri dengan gear set yang dibenamkan.

“Mobil ini adalah segalanya untuk setiap komponen. Ketertarikan saya adalah detail dan abstraksi dan menemukan sebuah karya seni dari titik terkecil sebuah mobil,” kata Stevan.

Stevan menemukan kecantikan yang merupakan sebuah garansi, seperti dashboard, odometer, grill depan, lampu dan fitur kecil lain. Stevan selalu tertarik dengan desain sebuah mobil, seperti kebanyakan orang Amerika yang tumbuh di 1950-1960an saat manufaktur mencoba mendekatkan orang-orang dan masa depan.

Kendaraan pertama Stevan adalah Volkswagen bug yang ia beli di 1970 seharga US$75. Sekarang Stevan menggunakan Jaguar.



Periode emas dari mobil klasik, kata Stevan, adalah berada di antara 1930 hingga awal 1960an dari paling banyak mendapat perhatian, karena itu sudah sepantasnya.

Semangat dari sebuah mobil

Stevan benar-benar manaruh perhatian kepada ornamen khrom sejak awal kehadiran jenis bodi ini, seperti ‘Star Chief” dari 1941 Pontiac. Dekorasi lain muncul yang menjadi sebuah karya seni adalah dari jenis Chevy Bel Air 1957 klasik.

Sederhana, elegan dan keren, kekerenan yang kembali dalam artian yang sama saat kata “keren” adalah sesuatu yang baru.

“Ornamen bodi mobil seperti semangat dari kendaraan itu sendiri. Elemen seperti itu yang menjadi daya tarik menakjubkan meskipun hanya sebagian kecil.”

Masihkan ada yang membuat mobil-mobil ‘sexy’?

Menyedihkan, kebanyakan desain mobil saat ini homogen. Mereka memberikan dampak yang sangat kecil. “Tapi itu hanya ekspektasi saya saja terhadap desain mobil saat ini,” ujat Steven.

Gaya dan jenis bodi Aston Martin baru dan Jaguar dirancang Ian Callum ibarat cukup layak dinikmati, termasuk beberapa nama dari desainer ternama.

“Cahaya yang dihasilkan dari logam yang berliuk-liuk di sekitar kendaraan sangat indah. Mereka telah membuat mobil lebih ramping. Jika melihat Maserati, Ferrari dan Porsche kita bisa melihat mobil ini seakan hidup, tapi itu berbeda dengan jenis kehidupan dari mobil-mobil yang ada di tahun 30an sampai 50an.”



Stevan telah menjelajahi dunia fotografi sejak 1970an, membuat sebuah karya seni murni, fotografi jalanan dan portofolio arsitektur.

Proyek fotografi mobil baru ia tekuni beberapa tahun kebelakangan, dan telah membawanya menemukan banyak keunikan serta kesempatan ekstrim juga abstraksi keindahan dari jarak dekat sebuah mobil klasik.

“Proses ini ibarat memperlihatkan sebuah kegiatan di awal hari dan melewati pekerjaan tiga atau empat jam dan kemudian kembali ke mobil dengan cara pandang yang berbeda dan cara pandang yang telah berubah.”

Apakah Stevan menganggap gaya desain ini akan kembali memenuhi etalase penjual mobil? Ia tidak yakin.


“Saya rasa, kita harus menunggu dan melihat desainer juga manufaktur mana yang mau untuk memberikan semangat masa depan dari masa lalu.” CNNIndonesia.com.
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon