Luhut Akui Masih Butuh Sosok Archandra di Pos ESDM


Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku masih membutuhkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki Archandra tahar untuk membenahi sektor energi dan sumber daya mineral.

Luhut menyayangkan reaksi berlebihan publik terhadap persoalan yang belakangan merundung Archandra, tanpa menilai sisi positif dari keahlian yang dimiliki olehnya.

“Saya harap semua tidak usah over react tentang ini dan kita butuh manusia seperti Pak Chanda ini,” kata Luhut di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8).

Dia menyebut salah satu kemampuan Archandra, yakni menghemat belanja modal pembangunan fasilitas Liquified Natural Gas blok Masela di darat (onshore). Perhitungan asal proyek ini US$19,3 miliar. Sementara itu, Kementerian ESDM masih melihat peluang penghematan investasi hingga US$4,5 miliar.

Luhut selaku Pelaksana Tugas Menteri ESDM sudah bertemu pejabat eselon I Kementerian ESDM dan Sekretaris Jenderal di hari pertamanya menggantikan Archandra, kemarin.

Dia juga telah bertemu dengan Archandra dan membahas isu yang berkaitan dengan pos ESDM semalam, termasuk menyinggung soal penghematan modal anggaran.

“Pak Chandra bilang itu bukan dari dia. Dia hanya challenge mereka kenapa punya cost seperti itu dan minta ditunjukkan cost structure-nya. Ditunjukkan, dia koreksi dan angka itu sampai kepada ke angka rendah itu. Pertanyaan kita kan kemana aja selama ini?” ucap dia.

Menurutnya, hal seperti ini yang memang dilihat Presiden Joko Widodo, sebelum Archandra tersandung perkara dwi kewarganegaraan. Jokowi sebelumnya disebut turut “turun tangan” membujuk Archandra kembali ke Indonesia dan menjadi Menteri ESDM.

“Saya pikir mesti lihat utuh ada anak bangsa baik. Presiden lihat itu satu peluang untuk restructuring semua dalam perminyakan dan gas. Perlu sikapi dengan baik,” kata mantan Menko Polhukam ini.

Terlepas dari itu, Luhut mengaku tidak tahu Archandra nantinya akan tetap membantu pemerintah atau tidak. Hal itu menjadi kewenangan Jokowi.

Mengenai pengganti jabatan definitif menteri ESDM, mantan Kepala Staf Presiden ini berpendapat sebaiknya pos ESDM diisi profesional yang sama seperti Archandra. Posisi Menteri ESDM juga sebelumnya dipegang Sudirman Said, seorang profesional.

Archandra diberhentikan secara hormat dua hari lalu menyusul kabar kepemilikan dua paspor, Indonesia dan Amerika Serikat. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengonfirmasi Archandra memiliki paspor Amerika Serikat. Sementara itu, Archandra kembali ke Indonesia menggunakan paspor Indonesia.


Archandra menjadi warga negara AS sejak Maret 2012. Ia disebut mengikuti proses naturalisasi di negara itu. Persoalannya, Indonesia berdasarkan UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan tidak mengenal kewarganegaraan ganda atau bipatride. CNNIndonesia.com




Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon