Timnas Andalkan Mayoritas Wajah Baru Jajal Malaysia


Jakarta – Sebanyak 23 pemain sudah masuk dalam daftar sekuat arahan Alfred Riedl yang akan disertakan untuk menghadapi Malaysia pada uji coba perdana timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016, 6 September 2016, di Solo.

Riedl sendiri sudah menyertakan nama-nama tersebut ke PSSI. Menurut keterangan asisten pelatih timnas, Wolfgang Pikal, PSSI baru akan mengumumkan 23 nama tersebut pada Sabtu (27/8).

Meski masih menyimpan rapat-rapat daftar para pemain, Pikal memberikan sedikit gambaran sekuat lawan Malaysia nanti. Menurutnya, Riedl kali ini akan mengandalkan mayoritas pemain muka baru di timnas senior.

“Kira-kira ada 18 pemain baru yang belum pernah membela timnas (senior) akan dipanggil untuk menghadapi Malaysia. Hanya lima pemain yang pernah membela timnas akan dibawa ke Solo,” ujar Pikal kepada CNNIndonesia.com.

Para pemain rencananya akan dikumpulkan di Solo sehari sebelum uji coba, yakni 5 September 2016.

“Sebenarnya memang sudah hal biasa di timnas manapun mengumpulkan pemain satu atau dua hari sebelum pertindangan uji coba internasional,” ujar Pikal.

“Namun, tetap sulit bagi kami karena ini pertama kalinya lagi para pemain timnas dikumpulkan.”

Selepas dicabutnya sanksi pembekuan PSSI oleh Fifa pada Mei 2016, timnas memang kembali aktif. Riedl kembali direkrut sebagai pelatih untuk persiapan melakoni laga Piala AFF 2016, November mendatang.

Pelatih asal Autria itu pun banyak melakukan perombakan dengan meninggalkan pemain-pemain berpengalaman dan memasukkan lebih banyak pemain baru.

Nama-nama pemain senior seperti Firman Utina dan Hamka Hamzah tak masuk dalam sekuat seleksi. Sedangkan lebih dari separuh pemain di antara 47 nama seleksi, merupakan para pemain yang belum berpengalaman di timnas senior.

Untuk itu, menurut Pikal, Riedl ingin mencoba sejumlah komposisi dengan didominasi para pemain baru pada uji coba lawan Malaysia.

Setelah memantau para pemain pada seleksi periode pertama dan kedua, Riedl langsung menentukan kerangka awal untuk menyusun strategi.


“Langkah pertama tentu menyiapkan rencana dasar seperti pilihan skema, menentukan posisi setiap pemain sesuai dengan kemampuan mereka dan lain sebagainya,” tutur Pikal.
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon