Desakan Industri Otomotif, Pemerintah Pilih Impor BBM Euro 4


Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam hal ini Pertamina lebih memilih impor bahan bakar minyak dengan standarisasi Euro 4 untuk kebutuhan otomotif dalam negeri. Hal itu dilakukan karena pemerintah melalui Pertamina tidak memiliki kilang yang mampu memproduksi BBM di level Euro 4.

“Kemungkinan besar impor, padahal ini seharusnya sudah dipikirkan dari jauh-jauh hari. Kami tengah membicarakan soal Euro 4 ini dengan pemerintah secara intensif,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi kepada CNNIndonesia.com, kemarin.

Menurutnya, di Asia Tenggara, Indonesia bersama dengan Laos dan Myanmar yang masih menggunakan BBM beremisi Euro 2. Jelas hal itu akan mempersulit Indonesia dalam persaingan industri otomotif, lantaran Indonesia hanya mampu memberikan pasokan ekspor di dua negara tetangga.

“Kan malu sebenarnya, ekspor kita hanya ke Myanmar dan Laos karena negara lain sudah Euro 4. Sejauh ini pemerintah progresif, dalam jangka pendek paling memungkinkan impor,” ungkapnya.

Kekalahan Indonesia atas produksi kendaraan berstandar Euro 2 sangat mempengaruhi jumlah ekspor kendaraan, lantaran sedikitnya negara yang masih berstandar Euro 2. Indonesia terpaksa membuat dua line produksi kendaraa, yaitu Euro 2 untuk produksi domestik dan Euro 4 untuk ekspor.

“itu sangat membebani kami. Seharusnya semua produksi kendaraan ada di emisi standar Euro 4. Itu membuat pasar ekspor kecil.”

Pun sebaliknya, kata Yohannes, kendaraan-kendaraan impor dari luar negeri yang hendak masuk ke Indonesia perlu dirombak ulang agar bisa menyesuaikan dengan kualitas bahan bakar Euro 2. “Kendaraan impor harus di adjust lagi, kan itu tambah biaya lagi dan mahal.”

Yohannes masih memegang kepercayaan terhadap pemerintah, menurutnya, jika pemerintah dan semua pemangku kebijakan sepakat soal kehadiran BBM Euro 4, paling lama tiga tahun Pertamina bisa membangun fasilitas kilang dan menyediakannya secara mandiri untuk kebutuhan dalam negeri. CNNIndonesia.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon