Kebakaran Hutan, 82 Ribu Warga California Dievakuasi


Jakarta – Kobaran api melahap sekitar 6.070 hektar area di California Selatan, Amerika Serikat, menyebabkan 82 ribu warga setempat terpaksa dievakuasi oleh pihak berwenang.

Pejabat setempat mengungkapkan bahwa sekitar 700 petugas pemadam kebakaran sejak Selasa (16/8) terus berjuang memadamkan kobaran api di kawasan yang dinamakan Cajon Pass. Kebakaran ini merupakan insiden terbaru dalam serangkaian kebakaran hutan yang telah menghanguskan hampir 121.400 hektar lahan di AS.

Juru bicara Dinas Kehutanan AS Lyn Sieliet pada Rabu (17/8) memaparkan kepada Reuters bahwa “kebakaran ini merembet dengan sangat cepat, angin menjadi penyebabnya.”

Dua petugas pemadam kebakaran setempat terjebak saat berupaya mengevakuasi warga. Namun keduanya berhasil lolos dengan mengalami luka-luka ringan, menurut keterangan pejabat dinas pemadam kebakaran.

VOA melaporkan pihak berwenang kemudian mencabut perintah evakuasi setelah terlihat kemajuan dalam upaya pemadaman kebakaran lain oleh para petugas pemadam kebakaran. Petugas setempat menangkap seorang pria berusia 40 tahun yang diduga dengan sengaja memicu kebakaran di kawasan itu selama satu tahun terakhir.

Reuters melaporkan bahwa sang tersangka diidentifikasi bernama Damin Pashilk. Ia dijadwalkan untuk hadir di pengadilan pada Rabu (17/8).

Kebakaran hutan biasanya terjadi di California dan negara-negara bagian lain di wilayah Barat Amerika Serikat selama musim panas. Pada Minggu (14/8), kebakaran melada dekat Danau Nacimiento, California, sekitar 290 kilometer sebelah barat laut Los Angeles.

Kebakaran ini memaksa pihak berwenang mengevakuasi beberapa penduduk dengan perahu ketika api beralih ke danau itu. Sebagian kobaran api telah berhasil dipadamkan.


Gubernur California Jerry Brown mengumumkan keadaan darurat di San Bernardino County atas kebakaran Bluecut Fire. Pada awal pekan ini, Brown juga mengumumkan keadaan darurat karena kebakaran Clayton Fire dan kebakaran lainnya yang terjadi di California pusat, atau yang biasa disebut Chimney Fire. CNNIndonesia.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon