Ahok Sebut LSM Kampung Pulo Kini Hasut Warga Bukit Duri


Jakarta  - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mencurigai ada pihak yang menghasut warga untuk tetap tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, kawasan Bukit Duri, dan menolak direlokasi ke rumah susun Rawa Bebek.

Bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Bukit Duri termasuk dalam proyek normalisasi Kali Ciliwung. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memindah 363 kepala keluarga atau warga yang tinggal di tempat tersebut.

Terkait dengan hal itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan sekitar 400 unit Rumah Susun Rawa Bebek. Namun berdasarkan data Dinas Perumahan dan Gedung baru 100 kepala keluarga yang bersedia pindah pada Kamis lalu.

“Ada yang hasut-hasut juga kan, ada LSM yang pindah dari Kampung Pulo,” kata Gubernur yang akrab disapa Ahok, di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/8).

Ahok tak menjelaskan detail tentang lembaga swadaya masyarakat (LSM) tersebut, namun yang dimaksud Ahok adalah LSM yang menolak normalisasi Kampung Pulo dan sekarang menolak normalisasi Bukit Duri.

Diketahui, LBH Jakarta menjadi salah satu organisasi sipil yang mengadvokasi warga Kampung Pulo sebelumnya. Organisasi itu bergabung dalam Forum Korban Penggusuran Jakarta (FKPJ). LBH Jakarta pula yang kini mendampingi para warga Bukit Duri untuk menolak penggusuran.

Warga Kampung Pulo yang menjadi korban gusuran beberapa waktu lalu saat ini sudah menghuni Rusun Jatinegara Barat. Normalisasi Kampung Pulo yang posisinya berseberangan dengan Bukit Duri juga sudah memasuki tahap penyelesaian dinding turap atau sheetpile.

Adapun proyek normalisasi Ciliwung dipastikan molor hingga 2018 karena pengerjaan rusun yang belum siap. Normalisasi sepanjang 19 kilometer itu dimulai sejak tiga tahun lalu dan ditargetkan selesai akhir tahun ini.


Tujuan proyek ini adalah untuk mengembalikan lebar Kali Ciliwung yang saat ini 10-20 meter dikembalikan ke ukuran awal yakni 35-50 meter. Selain pelebaran, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memperkuat tebing di sisi sungai, membangun tanggul, dan jalan inspeksi. CNNIndonesia.com




Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon