Lebih dari 70 Tenda Kamp Pengungsi di Irak Terbakar


Jakarta – Lebih dari 70 tenda di kamp pengungsi Yahayawa, di dekat Kota Kirkuk, Irak, terbakar pada Senin (29/8).

Juru bicara Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) di Baghdad, Caroline Gluck, memastikan tidak ada korban dalam insiden ini.

Namun, Gluck mengatakan bahwa Kementerian Migrasi dan Pemindahan Irak sudah meminta tenda baru dan barang-barang bantuan lainnya kepada Respons Krisis Internasional (CRI).

“Kami akan segera merespons permintaan tenda dan bantuan tersebut. Kantor Koordinasi Kemanusiaan sedang berkoordinasi dengan badan-badan terkait untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan,” ujar Gluck seperti dikutip Reuters.

Kamp Yahayawa merupakan rumah bagi sekitar 500 keluarga yang lari dari tempat tinggalnya untuk menghindari kekejaman kelompok militan ISIS.

Akibat perang terhadap ISIS ini, sekitar 3,4 juta orang kabur dari rumahnya. Pekan lalu saja, UNHCR mengatakan ada ratusan ribu orang diperkirakan kabur dari rumahnya karena militer mulai mendekati Kota Mosul untuk mengusir ISIS.

Saat itu, pasukan Irak dilaporkan semakin dekat bergerak ke pusat Qayyarah. Daerah itu terletak di tepi barat Sungai Tigris, sekitar 60 kilometer dari selatan Mosul, basis terakhir ISIS di Irak.

Pimpinan operasi militer di Nineveh, provinsi antara Qayyarah dan Mosul, Brigadir Jendral Najm al-Juburi mengatakan, kota tersebut sekarang sudah terkepung.

Ia juga menambahkan, sebagian besar desa di sekitar Qayyarah telah direbut kembali sejak pasukan khusus melancarkan operasi pada Selasa itu.

Juburi dan pejabat militer lain di daerah itu mengonfirmasi kemajuan dari operasi militer dan mengatakan bahwa ladang minyak serta kilang di wilayah itu berhasil mereka rebut kembali dari ISIS.


Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, pun kembali menegaskan janjinya untuk merebut kembali Mosul dan menyingkirkan ISIS dari Irak hingga akhir tahun 2016 ini. CNNIndonesia.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon