Ribuan ‘Ulos’ Padati Karnaval Kemerdekaan Danau Toba



Jakarta – Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Toba Samosir, Sumatera Utara, disambut antusias oleh warga setempat. Ribuan warga sudah memadati jalanan Balige sejak Minggu pagi (21/8), sekaligus untuk menyambut Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016.

Salah satunya adalah Fernando Hutahaean, seorang pemuda Batak di Balige. Ia mengaku kedatangan Jokowi dapat memberi dampak positif terhadap pembangunan di kampung halamannya.

“Saya bersemangat karena Jokowi ke sini untuk membangun kawasan wisata Danau Toba,” ujar Fernando.

Jokowi dijadwalkan menghadiri acara puncak Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di kawasan Balige pada Minggu. Acara ini digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata Danau Toba ke seluruh dunia sekaligus memperingati perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Rangkaian acara ini akan dimeriahkan oleh parade mobil hias dari berbagai provinsi di Indonesia dan banyak komunitas budaya. Selain itu, terdapat pula acara hiburan seperti tari-tarian dan konser musik dengan panggung terapung di kawasan Parapat.

Di sepanjang jalan Balige, ribuan warga berbondong-bondong turun ke jalan dengan mengenakan pakaian adat khas Batak.

Para pria Batak tampak gagah mengenakan kemeja dan jas, lengkap dengan kain ulos yang diselempangkan di bahu. Sementara para perempuannya, terlihat menawan dengan mengenakan kebaya dan kain ulas sebagai bawahan.

Tak luput juga kain ulos yang diikatkan di kepala. Mayoritas anak-anak mengenakan ikat kepala ini sembari menuggu parade berlangsung.

“Sangat senang. Jarang-jarang kan ada acara seperti ini di sini,” ujar Marihita (20).

Sejak Sabtu kemarin, Jokowi telah mengunjungi sejumlah area seperti Pelabuhan Sambas Sibolga, Bandar Udara Silangit dan Pulau Samosir untuk meninjau pembangunan di kawasan wisata Danau Toba. Ia mengatakan bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang paling menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sana.

“Wisata paling banyak angkut tenaga kerja, tetapi memang perlu peruabahn kultur masyarakat,” kata Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat kawasan Danau Toba di Simalungun, Sabtu malam.

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon