Iran Tahan Warga Negara Ganda yang Terkait Intelijen Inggris



Jakarta  - Iran menangkap seorang dengan dwi kewarganegaraan di Teheran yang dituding terkait dengan dinas intelijen Inggris. Penangkapan ini merupakan salah satu tindakan keras pemerintah Iran terhadap warga dengan dwi kenegaraan yang dimulai sejak tahun lalu.

“Terdakwa bekerja di sektor ekonomi yang berkaitan dengan Iran,” kata jaksa penuntut umum Teheran, Abbas Jafari Dolatabadi, kepada kantor berita IRNA, dikutip dari Reuters.

Dolatabadi tidak memberikan rincian identitas dan kebangsaan kedua sang terdakwa.

Jaksa menyatakan penangkapan itu merupakan bagian dari tindakan keras pemerintah terhadap “infiltrasi barat”.

Potensi Iran membuka diri terhadap Barat setelah kesepakatan nuklir yang bersejarah tahun lalu membuat kelompok tradisional Iran Khawatir.

Garda Revolusi Iran telah menangkap sedikitnya enam warga atau ekspatriat yang berkewarganegaraan ganda ketika mereka kembali ke Iran pada tahun ini. Jumlah penahanan ii merupakan yang tertinggi sejak beberapa tahun terakhir.

Pemerintah mengonfirmasi sebagian besar penahanan tersebut namun tanpa memberikan rincian apapun.

Pemerintah Iran tidak mengadopsi sistem dwi kewarganegaraan, sehingga para diplomat negara terkait tidak diperbolehkan untuk mengunjungi para terdakwa.

Dalam percakapan telepon pekan lalu, Perdana Menteri Inggris Theresa May menyuarakan keprihatinan kepada Presiden Iran Hassan Rouhani terkait penahanan sejumlah orang yang berkewarganegaraan Inggris sekaligus Iran. CNNIndonesia.com



 

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon