Lari Estafet Jadi Emas Ketiga Bolt di Olimpiade Rio


Jakarta – Pelari cepat asal Jamaika Usain Bolt menutup kariernya di Olimpiade dengan raihan prestasi luar biasa. Ia berhasil memenangkan tiga medali emas di tiga gelaran Olimpiade (Triple-triple).

Di ajang Olimpiade Rio De Janeiro 2016, pria berusia 29 tahun itu berhasil mendapatkan kalungan medali emas di tiga nomor lari cepat. Ia sudah memenangkan nomor 100 meter dan 200 meter. Terakhir pada hari ini Bolt kembali mendapatkan medali emas dari lari estafet 4x100 meter.

Dalam nomor lari estafet, Bolt bermitra dengan Asafa Powell, Yohan Blake, dan Nickel Ashmeade. Total, waktu tempuh keempat orang tersebut demi medali emas dengan catatan 37,27 detik.

Tim Jamaika diikuti tim Jepang [perak] dan tim Amerika Serikat, namun AS didiskualifikasi sehingga medali perunggu pun diberikan kepada Kanada.

Dikutip dari BBC Sport, AS mengklaim pihaknya didiskualifikasi karena Justin Gatlin menerima tongkat estafet terlalu cepat.

Sementara itu Bolt merayakan rekor barunya dengan mengatakan, “Inilah dia. Saya yang terbaik.”

Termasuk medali emas dari lari estafet, Bolt telah mengoleksi sembilan medali emas dari tiga gelaran olimpiade. Itu adalah jumlah koleksi medali yang terbanyak yang didapat seorang atlet atletik sepanjang masa Olimpiade.

“Saya mencoba untuk terlambat sedikit dan bersenang-senang. Saya tak pernah tahu ini akan terjadi,” lanjut Bolt usai perlombaan.

“Tim saya membantu saya malam ini. Sepanjang kami memiliki tongkat untuk dibawa mengelilingi lintasan, tak perlu diragukan lagi,” katanya.

Bulan Februari lalu, pelari 29 tahun ini mengatakan akan pensiun setelah Kejuaraan Dunia tahun depan. Dengan demikian torehan triple-triple Bolt telah menjadikannya sebagai salah satu atlet Olimpiade terbesar sepanjang masa.


Selain Bolt, atlet atletik lain yang pernah mengumpulkan sembilan emas adalah pelari dan pelompat AS Carl Lewis dan pelari jarak jauh Finlandia, Paavo Nurmi. CNNIndonesia.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon