BRIsat Sudah Mengudara, BRI Siapkan Teras Pasar

Jakarta - Setelah diluncurkan pada 19 Juni lalu, satelit komunikasi pertama milik BRI yaitu BRIsat butuh waktu 10 hari untuk tiba di orbitnya. Pada 29 Juni 2016, BRIsat sudah tiba di slot orbit untuk tes yakni 150.65 BT. Panel surya dan reflektor juga sudah dibentangkan.

Slot orbit untuk tes ini hanya berjarak 0.15 dari slot orbit final yaitu 150.5 BT atau tepatnya di atas langit Papua. Saat ini BRIsat tengah menjalani serangkaian uji coba paling lama 60 hari hingga proses handover dari SSL ke BRI.

Sembari menunggu kesiapan BRIsat, di darat BRI pun tidak diam saja. Berbagai persiapan sedang dilakukan terutama terkait digital banking di pelosok-pelosok daerah. Sebabnya, memang inilah tujuan utama BRI membuat dan meluncurkan BRIsat.

Dengan memiliki satelit komunikasi sendiri. BRI dapat lebih leluasa mengembangkan layanan perbankannya terutama untuk UMKM dan pasar-pasar di daerah. Selama ini masalah infrastruktur komunikasi masih jadi hambatan utama.

Sementara jika nanti BRIsat sudah beroperasi sepenuhnya, BRI bisa memanfaatkan satelit ini semaksimal mungkin. Bisa untuk keperluan komunikasi antar kantor cabang, koneksi puluhan ribu ATM-nya serta membuat wi-fi sendiri di pasar.

Terkait kegunaan BRIsat di pasar, saat ini BRI sedang menyiapkan program Teras Pasar. Penjelasan singkatnya kurang lebih seperti ini. Di setiap pasar akan dipasang VSAT yang terhubung langsung dengan BRIsat, sebuah Wi-fi Hotspot dan koneksi LAN.

Wi-Fi Hotspot ini akan dimanfaatkan BRI untuk sejumlah layanan seperti LAS Mobile Wi-fi dan sistem pembayaran terintegrasi yang terdiri dari EDC Wi-Fi, Pos Wi-Fi dan web BRILink. Dengan adanya koneksi wi-fi langsung lewat satelit, nantinya berbagai transaksi perbankan akan lebih lancar. Bebas dari gangguan koneksi 3G maupun GPRS.

Wi-Fi Hotspot di Teras Pasar juga bisa diakses gratis oleh merchant maupun nasabah BRI. Sementara itu, koneksi LAN berfungsi untuk menyediakan layanan BRI Vision (siaran TV terbatas BRI untuk penyuluhan UMKM dan pemasaran produk BRI).


Untuk berbagai informasi terbaru seputar BRIsat, Anda dapat mengunjungi brisat.detik.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon