Teh Hijau Lebih Efisien Merawat Kecantikan Kulit


Jakarta – Tidak hanya dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, salah satu jenih teh hijau, matcha, juga diyakini memiliki manfaat besar untuk kecantikan kulit.

“Dalam literatur diketahui bahwa matcha sudah digunakan 4000 tahun lalu, terbukti aman, populer dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, baru pada tahun 2000-an mulai diteliti untuk skincare,” kata dermatovenerologist, Dr. Gloria Novelita Sp.KK, dalam peluncuran Garnier PureActive Matcha Foam, di Jakarta, pekan ini.

“Matcha mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas, dan memiliki anti-oksidasi tinggi sehingga lebih efisien dalam merawat kecantikan kulit,” sambung dia.

Dokter Gloria menjelaskan bahwa matcha atau teh hijau memiliki 4000 macam zat. Sepertiga dari zat tersebut adalah antioksidan termasuk polifenol dan katekin yang mengandung EGCG, senyawa yang bermanfaat bagi kecantikan kulit.

“Dibandingkan vitamin C dan E, EGCG itu 25-100 kali lipat kemampuan antioksidasinya,” ujar Gloria.

Lebih jauh, dia menjelaskan EGCG memiliki sifat hidrofilik atau menarik air. Hal itu penting karena kulit lapisan lemak di bawah kulit seringkali sulit ditembus air, sehingga menyebabkan kulit mudah kering. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi matcha diproses khusus sehingga dapat masuk ke kulit.


“Pada kulit kandungan matcha mampu mengurangi produksi minyal yang menyebabkan jerawat, dan sebagai anti-aging,” sebutnya.








Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon