Korea Utara Klaim Uji Coba Nuklir Terbaru Sukses


Jakarta – Setelah gempa berkekuatan 5,3 SR mengguncang pada Jumat dini hari (9/9), Korea Utara melalui televisi milik pemerintah mengatakan bahwa mereka telah “sukses” menyelenggarakan uji coba nuklir ke lima.

“Para ahli dari DPRK melakukan tes ledakan nuklir untuk menilai kekuatan hulu ledak nuklir yang baru dan diproduksi oleh mereka di lokasi uji coba nuklir di utara,” kata penyair televisi tersebut, merujuk pada nama resmi Korea Utara.

“Komite Pusat Partai Pekerja menyampaikan ucapan selamat kepada para ahli nuklir di lokasi uji coba nuklir di utara karena kesuksesan uji coba ledakan hulu ledak nuklir,” lanjutnya.

Penyiar itu juga mengatakan bahwa uji coba ini akan membuat Korut bisa memproduksi “sebanyak mungkin jenis kekuatan hulu ledak nuklir yang lebih kecil, lebih ringan dan jenis-jenis lainnya,”

Meski begitu, tidak disebutkan tepatnya kapan dan di mana uji coba itu dilakukan. Pengumuman televisi ini sendiri ditayangkan beberapa jam setelah Korsel mengatakan bahwa Pyongyang kembali melakukan uji coba nuklir di situs Punggye-ri dekat perbatasan China.


Militer Korea Selatan menyebut bahwa uji coba nuklir terbaru ini adalah yang terbesar sejauh ini.

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon