Bom Bunuh Diri ISIS di Baghdad, Sembilan Orang Tewas


Jakarta – Sedikitnya sembilan orang tewas di Baghdad, Irak, dalam serangan bom mobil di dekat rumah sakit pada awal pekan ini. Kelompok militan ISIS mengklaim berada di balik serangan ini.

Bom bunuh diri meledak pada Senin (5/9) malam, menargetkan perkumpulan warga Syiah di distrik Karrada, menurut pernyataan media ISIS, Amaq.

Sumber dari kepolisian dan rumah sakit menyebutkan bahwa terdapat 20 orang yang terluka akibat ledakan, dan memperkirakan jumlah korban tewas akan terus meningkat.

Perlawanan terhadap ISIS, yang sempat menguasai sepertiga wilayah Irak pada 2014, semakin memperburuk konflik sektarian yang sudah berlangsung sejak lama.

Sebagian besar konflik terjadi antara mayoritas umat Syiah dan minoritas Sunni.

ISIS terus kehilangan wilayah kekuasaan dalam satu tahun terakhir akibat gempuran dari koalisi serangan udara pimpinan Amerika Serikat dan milisi Syiah yang didukung Iran.

Namun, bom bunuh diri tersebut menunjukkan ISIS masih mampu meluncurkan serangan di luar wilayah yang mereka kuasai, yakni di utara dan barat Irak.


Lokasi ledakan tidak jauh dari tempat bom bunuh diri sebelumnya yang juga diklaim ISIS pada Juli lalu. Bom itu menewaskan 324 orang, dan disebut sebagai pemboman paling mematikan yang pernah dilakukan ISIS di Irak. CNNIndonesia.com
Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon