PDIP Tunggu Pembahasan Pilkada Selain Jakarta Selesai


Jakarta – ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan sampai saat ini partainya masih fokus membahas persiapan pemilihan kepala daerah di beberapa daerah selain DKI Jakarta.

“Dalam beberapa hari ini kami fokus pada daerah yang belum diputuskan,” kata Andreas saat ditemui di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (13/9).

Menurut Andreas setelah keputusan di daerah lain sudah keluar, barulah PDIP akan membicarakan dan memutuskan soal pilkada di Jakarta.

Saat ini, lanjut dia, PDIP tetap melakukan monitor terhadap gejolak politik di Jakarta. Selain itu pemetaan politik pun terus dilakukan jelang pendaftaran.

Hingga kini PDIP masih berpaku pada opsi-opsi yang sebelumnya telah disiapkan. Namun Andreas membuka peluang opsi-opsi itu berkurang atau malah bertambah.

Hanya saja, Andreas menegaskan bahwa keputusan akhir soal pilkada Jakarta ada di tangan ketua umum Megawati Soekarnoputri.

“Keputusan ada di ketua umum tapi sekarang kami tetap memonitor dan melakukan pemetaan politik di hari terakhir jelang pendaftaran,” kata dia.

Sebelumnya Sekteratis Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, konsolidasi masih dilakukan memanfaatkan waktu sekitar dua pekan mendatang.

“Setiap hari jadi waktu konsolidasi, sehingga nanti saat keputusan diambil, maka seluruh jajaran partai siap,” kata hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (8/9).

Menurut Hasto, seluruh tahapan untuk mengusung pasangan calon, sudah dilakukan. Saat ini yang ditunggu adalah keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selaku pemegang kewenangan untuk menunjung pasangan calon.


PDIP adalah pemegang kursi mayoritas di DPRD DKI Jakarta yakni 28 kursi. Dengan jumlah kursi sebanyak ini, PDIP sebenarnya tak perlu berkoalisi dengan parpol lain. Namun komunikasi denga parpol lain menurut Hasto terus dilakukan. Hasto berkata, silaturahmi penting dilakukan untuk membangun suasana pilkada yang kondusif di ibu kota.

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon