Masalah Airbag Takata, BMW Tarik 110 Ribu Mobil di Jepang


Jakarta – BMW menarik 110 ribu unit mobilnya di jepang usai adanya permasalahan kantong udara atau airbag Takata yang juga terjadi pada beberapa merek mobil lain. 110 ribu unit yang berpotensi rusak dikarenakan inflator kantung udara yang dibuat oleh Takata Corps berpotensi meledak, menggelembung secara berlebihan dan membuat kantung udara tidak berfungsi.

Mengutip pemberitaan Reuters, Senin (12/9), produsen asal Jerman ini menarik sampai 44 model termasuk 116i, 118i dan 320i. Mobil-mobil itu ditarik untuk mengganti kantung udara sisi penumpang.

Mobil yang terkena potensi kerusakan airbag tersebut adalah yang diproduksi 2004 sampai 2012. Penarikan ini muncul setelah Kementerian Transportasi Jepang pada bulan Mei memerintahkan para produsen untuk menarik tambahan kendaraan sekitar 7 juta unit di Jepang yang dilengkapi dengan inflator kantung udara Takata.

Permasalahan airbag Takata telah dikaitkan dengan setidaknya 14 kematian dan 150 luka-luka di seluruh dunia. Inflator produksi Takata ini dideteksi berpotensi mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebihan sehingga berpotensi membahayakan pengemudi dan atau penumpang pada saat terjadi kecelakaan.

Selain BMW, Honda Motor Co. Berencana menarik setidaknya 668 ribu mobil di Jepang untuk menggantikan kantong udara (airbag) keselamatan yang disuplai oleh Takata Corp dalam penarikan skala nasional.

Produsen mobil terbesar kedua di Jepang ini mengatakan akan menarik banyak model yang telah dipasarkan termasuk model ahtchback, Civic juga Accord sedan yang menggunakan kantong udara samping. Penarikan akan dilakukan pada kendaraan tahun perakitan 2009 sampai 2011.

Pengering di inflator yang biasa disebut drying agent adalah dasar dari propellan yang berasal dari amonium nitrat dan berpotensi meledak jika terpapar suhu terlalu panas, lembab dan terkena serpihan logam dari kompartemen kendaraan.


Honda merupakan konsumen terbesar Takata dan menyatakan akan berhenti menggunakan produk inflator Takata, termasuk tidak akan mengganti inflator yang bermasalah dengan produk baru yang ditawarkan Takata sebagai kompensasi.

Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon