Eni SpA Punya Strategi Dongkrak Keekonomian Lapangan Merakes


Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan operator minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, Eni SpA, sudah menyiapkan proposal usulan agar Lapangan Merakes di Blok Sepinggan Timur, Kalimantan Timur dapat segera dikembangkan. Pasalnya, lapangan yang sudah ditemukan sejak 2014 tersebut belum juga berproduksi hingga kini.

Direktur Jenderal Migas ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pengembangan Lapangan Merakes molor karena dinilai belum cukup menguntungkan untuk berproduksi. Hal ini juga sejalan dengan kembali turunnya harga minyak mentah dunia, sehingga produksi cadangan gas Lapangan Merakes nantinya dinilai belum akan menguntungkan.

“Sekarang belum dikembangkan jadi produksi, karena dengan harga yang ada sekarang itu belum ekonomis,” ujar Wiratmaja, Kmais (11/8).

Namun, Eni sendiri sudah memiliki rencana agar lapangan tersebut dapat menguntungkan untuk berproduksi. Sayangnya, Wiratmaja belum mau membocorkan usulan dari Eni tersebut. ESDM, lanjutnya masih terus mengkaji waktu yang tepat bagi lapangan tersebut untuk dikembangkan.

“Untuk kapan produksinya sedang dibahas, karena harga minyak seperti ini dan laut dalam jadi kan dihitung-hitungnya belum ekonomis. Kalau dengan metode yang ada sekarang belum ekonomis,” katanya.

Sebagai informasi, Eni memperkirakan cadangan gas di lapangan tersebut mencapai 2 trilion cubic feet (TCF), atau lebih besar dari perkiraan sebelumnya di angka 1,3 TCF. Cadangan gas di blok Sepinggan Timur tersebut ditemukan dari hasil pengeboran sumur dengan kedalaman 1.372 meter di bawah permukaan laut yang dilakukan sejak Oktober tahun 2014.


Blok ini sendiri terletak di lepas pantai Kalimantan Tiur dan berada 170 kilometer di selatan dari kilang pengolahan gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) Bontang. Adapun blok Sepinggan Timur juga berjarak 35 kilometer dari Lapangan Jangkrik yang juga dioperasikan oleh manajemen. CNNIndonesia.com.









Previous
Next Post »

Jadilah yang pertama berkomentar di bawah ini ConversionConversion EmoticonEmoticon